Senin, 03 September 2012

Pesawat Terbang EMB-314 Super Tucano


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Empat unit pesawat serang ringan bermesin turboprop Super Tucano baru milik TNI AU, dijadwalkan tiba siang ini sekitar pukul 11.30 WIB di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (01/09/2012).

Pesawat produksi Embraer sebuah perusahaan asal Brazil itu dibandrol sekitar 10 Juta USD per unitnya, Indonesia membeli pesawat tersebut termasuk dengan dukungan sarana darat serta paket logistik terintegrasi.

Direncanakan pesawat itu akan menggantikan pesawat OV-10 Bronco yang telah digrounded.

Informasi yang dikumpulkan Tribunnews.com, empat pesawat ini dilepas dalam sebuah upacara di fasilitas produksi Embraer di Gaveao Peixoto.

Super Tucano dapat digunakan untuk berbagai misi, termasuk serangan ringan, pengintaian, intersepsi udara-ke-udara dan kontra-pemberontakan. Sedangkan Embraer adalah produsen pesawat komersial terbesar ketiga di dunia, di belakang Boeing AS dan Airbus Eropa.
Pesawat Terbang EMB-314 Super Tucano

kiri : Mayor Pnb James Yanes Singal
Pesawat Terbang EMB-314 Super Tucano

EMB-314 (Super Tucano)
merupakan pesawat latih berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat serang antigerilya buatan Embraer Defense System, Brasilia. EMB-314 Super Tucano merupakan pengembangan dari EMB-312 Tucano yang telah terjual 650 unit untuk 15 negara dengan Brasilia sebagai pemakai utama memiliki 130 unit. Penyempurnaan yang dilakukan dari pesawat sebelumnya meliputi sistem avionik, sistem persenjataan dan sistem komunikasi data. Sejak diperkenalkan dan dipakai Brasilia pada tahun 2004, EMB-314 terbukti berhasil melakukan misi penjagaan perbatasan di kawasan Amazon yang terkenal sangat rawan dengan aktivitas penyelundupan dan perdagangan narkotika.
Sistem persenjataan

Super Tucano memiliki 2 senapan mesin yang berada di sayap kiri dan kanan, 5 buah stasiun pengait dengan komposisi masing-masing 2 buah di sayap kiri dan kanan dan 1 buah di badan pesawat dengan beban total 1550 kg. Semua stasiun pengait bisa dipasang bom sejenis MK-81 dan MK-82, peluncur roket jamak, dan bom berpemandu Laser.
Varian

A-29A
Kursi tunggal dengan kemampuan serang antigerilya, pendukung tugas udara jarak dekat, menhadang dan menghancurkan pesawat biasa
A-29B
Kursi ganda dengan kemampuan sama seperti versi kursi tunggal, dengan kemampuan tambahan sebagai pesawat latih dan fungsi pengawasan udara

wiki | Embraer Defense and Security
Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))